Brand Promise

Bersamaan dengan momentum perubahan nama menjadi Pertamina Patra Niaga, Kami akan terus meningkatkan komitmen untuk memberikan kualitas layanan terbaik bagi seluruh pelanggan dan mitra bisnis kami.

Pertamina Patra Niaga

Pertamina Patra Niaga Optimalkan Pasokan BBM Wilayah Kutai dan Sekitarnya

Posted on 16 January 2015

PT Pertamina Patra Niaga meresmikan terminal bahan bakar minyak (TBBM) Melak “Inland Storage” pada hari Kamis (15/1) di Melak, Kutai Barat – tepatnya di Desa Jelemug, Kecamatan Taring, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.  Direktur Operasi PT Pertamina Patra Niaga Gema Iriandus Pahalawan  hadir meresmikan TBBM Melak pada hari Kamis (15/1), didampingi oleh Bupati Kutai Barat Ismael Thomas, General Manager Region III PT Pertamina Patra Niaga Rudy Permana, serta Corporate Communications PT Pertamina Patra Niaga Bahtra Insan TS.

Melalui kehadiran TBBM Melak, PT Pertamina Patra Niaga mewujudkan rencananya untuk dapat selalu memenuhi pasokan BBM di wilayah Kutai dan sekitarnya, termasuk industri tambang batu bara yang selama ini mengandalkan pasokan BBM dari Samarinda dan Palaran.  Dengan didukung titik pasok (supply point) ship-to-ship (STS) Bontang dan BBM impor, PT Pertamina Patra Niaga menargetkan waktu supply yang cepat dan harga ekonomis.

TBBM Melak antara lain memiliki berbagai fasilitas, antara lain:

- Tangki timbun dengan kapasitas 4.400 KL

- Filling shed dengan bottom loading

- Jetty hingga 10 meter

- Instalasi pipa

Lokasi TBBM Melak ini merupakan peninggalan PT Camp & United Coal yang berada diatas lahan seluas 111 m x 200 m dan memiliki akses darat dan sungai.  Selain berada di tepian Sungai Mahakam, TBBM Melak juga tidak jauh dari akses jalan provinsi.  Sedangkan lahan seluas 111 m x 200 m adalah milik Pemerintah Daerah (Pemda).

Dengan adanya TBBM Melak, maka supply BBM tidak lagi mengandalkan TBBM Palaran yang dikelola PT Pertamina Patra Niaga, sehingga TBBM Palaran dapat memperkuat penjualan BBM dengan jangkauan yang lebih ideal dengan harga yang lebih kompetitif.

Kehandalan pasokan dari STS Bontang dapat memberi sejumlah keuntungan, antara lain:

- Efisiensi waktu supply ke pelanggan.

- Mengurangi resiko supply darat dengan jarak tempuh yang jauh dan waktu yang lama dengan kondisi jalan yang kurang kondusif dari TBBM Palaran.

- Optimasi angkutan darat dan laut atau sungai.

- Mendekatkan titik supply ke lokasi industri, sehingga menurunkan biaya transportasi.

- Lebih fleksibel melayani back loading, terutama terhadap kapal kecil.

“Dan yang tak kalah penting, kehadiran TBBM Melak ini membuka peluang pasar baru di daerah Kutai Barat,” tutur Direktur Operasi PT Pertamina Patra Niaga Gema Iriandus Pahalawan. (*)

Komitmen Kami

Sudah menjadi komitmen kami menyediakan energi untuk menjaga kelangsungan dan kelancaran bisnis Anda.

Terlebih lagi, kami didukung oleh sarana infrastruktur yang beragam dan memadai, sehingga memampukan kami untuk menjangkau berbagai lokasi di kawasan Indonesia. Kami akan terus berupaya menyediakan pasokan bahan bakar dengan harga yang kompetitif, mulai dari usaha niaga bahan bakar minyak dan gas, distribusi dan penyimpanan. Selain itu, kami juga menawarkan solusi efektif dan terpadu seiring dengan terus meningkatnya permintaan akan bahan bakar.