Brand Promise

With the change of our name to Pertamina Patra Niaga we have increased our commitment to continually deliver high standards of service to our valued customers and vendors.

Pertamina Patra Niaga

Laba Bersih Terbesar dalam Sejarah Perusahaan

Posted on 27 February 2015

Dengan ucapan syukur, PT Pertamina Patra Niaga (PPN) merayakan hari jadi ke-18 tahun yang jatuh pada tanggal 27 Februari 2015.  Hal ini tak lepas dari tercapainya target RKAP 2014 serta laba bersih sebesar US$ 37,015 juta, yang turut menjadi sumbangsih PPN sebagai anak perusahaan inti bidang hilir terhadap profit sang induk, PT Pertamina (Persero).   Pencapaian target dan laba bersih PPN merupakan buah manis dari strategi bisnis, pengembangan infrastruktur, serta komitmen untuk bersinergi dengan anak perusahaan lain dalam menjalankan bisnisnya. 

Sejak tahun 2014, PPN mewujudkan tekad “mendekatkan minyak ke customer”, antara lain melalui  Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Batulicin, TBBM Melak, dan TBBM Palaran.   Untuk tahun ini, upaya PPN dilanjutkan lewat kerjasama operasi (KSO) di berbagai TBBM, seperti TBBM Tolitoli (Sulawesi Tengah), TBBM Raha (Sulawesi Tenggara),  TBBM Lahat dan TBBM Lubuklinggau (Sumatera Selatan), TBBM Baturaja (Sumatera Utara), TBBM Teluk Kabung (Sumatera Barat), dan TBBM Larantuka (Nusa Tenggara Timur). 

Dewasa ini PPN juga semakin memahami pentingnya inovasi teknologi dalam mendukung kelancaran distribusi BBM, antara lain melalui New Gantry System (NGS) demi layanan yang lebih baik dan cepat bagi masyarakat maupun konsumen industri. Ke depannya, seluruh TBBM yang dikelola PPN akan didukung dengan teknologi terkini untuk mempercepat pengisian minyak serta menutup total celah kehilangan (losses). Berbagai inovasi teknologi diharapkan menyokong kinerja 421 unit mobil tangki milik PPN di seluruh nusantara. Dari segi ekspansi usaha, PPN juga mulai merambah bisnis petrokimia sejak tahun lalu. 

Optimalisasi penjualan dan layanan PPN sepanjang tahun lalu tentu mendorong target 2015 lebih baik lagi, yaitu hingga US$ 80 juta.  Mengenai target tersebut, Direktur Utama PPN Ferdy Novianto berujar bijak, “Kami senantiasa optimis dan pantang menyerah.”   

Kiat Menjaga dan Meningkatkan Market Share
TAJAMKAN SINERGI DENGAN INDUK
 

Belum lama ini PPN berhasil win back posisi pemasok BBM bagi Vale Indonesia yang sempat lepas dari Pertamina.  Kepercayaan dari perusahaan mining multinasional ini menjadi salah satu hasil sinergi antara induk dengan anak perusahaan, di mana PPN mengemban peran sebagai kepanjangan tangan Pertamina dalam melanjutkan layanan bagi perusahaan multinasional.  Tahun 2015, PPN bertekad mengoptimalkan posisinya yang tidak terbelit cost structure dan price policy baku seperti yang harus ditanggung induk, untuk dapat memantapkan daya saing dengan perusahaan taraf multinasional.  

Sejumlah privilege seperti open access ke infrastruktur milik Pertamina, join cargo, hingga mekanisme swap (tukar) minyak, menjadi ‘suntikan’ bagi PPN agar lebih dahsyat lagi mengisi sektor-sektor kompetisi yang diharapkan oleh induk.  Prinsip ‘privilege’ ini serupa dengan yang diterapkan pemerintah saat memberi hak pengelolaan Blok Mahakam kepada Pertamina;  yaitu sebagai strategi membangun kekuatan bersama. 

PPN berupaya memperkuat posisi Pertamina secara merata di berbagai wilayah melalui tata kelola perusahaan yang sehat, terus bertumbuh dan berkesinambungan, profitable, cashflow terjaga, serta layanan pelanggan yang prima.  Profesionalitas PPN yang telah diakui perusahaan internasional ini juga diharapkan mampu menorehkan kebanggaan di mata induk sebagai senjata untuk melawan ‘macan-macan’ pesaing yang menjadi the real competitor bagi Pertamina. (*)

(*)

Our Promise

We have the energy to keep your bussiness going. With our vast and adequate infrastructure, we can reach your various locations in Indonesia.

We will always offer continuity of your fuel supply at competitive cost, from trading to logistics up to storage, while offering effective end-to-end solutions for your bussiness-critical fuel requirement alongside the fulfilment of the ever growing demand of fuel nowadays.