Tentang Kami
Produk & Layanan
Kru & Lingkungan
Berita & Acara
Kontak
BERITA & INFORMASI
17 Jun 2024
Insight dari Gita Wirjawan untuk Perwira Pertamina: Bagaimana Menjadi Pemimpin yang Transformatif?
SHARE

Jakarta – Guna menciptakan wadah untuk diskusi sekaligus berbagi pengetahuan dari narasumber inspiratif kepada perwira, Pertamina Patra Niaga kembali menggelar The Executive Webinar Series dengan menghadirkan seorang dosen, wirausahawan dan Menteri Perdagangan Republik Indonesia periode 2011-2014, Gita Wirjawan.

Dalam pemaparannya bertema “Transformative Leadership: Innovation & Storytelling Abilities in the Era of Sustainability”, Gita yang juga merupakan host dari Endgame Podcast, menjelaskan bagaimana Indonesia bisa berada di posisi yang menguntungkan di tengah adanya landscape keberlanjutan dan seperti apa modal yang dibutuhkan oleh pemimpin.

“Peradaban dalam sejarah itu selalu di tengah antara kekuatan preservasi dan kekuatan inovasi, namun peradaban ini bisa maju atau tidaknya tergantung kapasitas kepemimpinan untuk bisa menunjukkan keterbukaan. Semakin adanya keterbukaan, semakin terjadi demokratisasi talenta,” paparnya pada Kamis (6/6).

Gita melanjutkan, pemimpin yang bisa menunjukkan keterbukaan terhadap kekuatan inovasi akan lebih bisa bertahan terhadap keberlanjutan. Menurutnya, pemimpin juga diharapkan mampu menjadi pribadi yang kuat (anti-fragile) dan tangguh (resilience).

”Saya membedakan resilience dan anti-fragile itu dalam konteks jika pemimpin sudah jatuh dan dia bisa bangun lagi, itu berarti resilience. Sedangkan ketika pemimpin jatuh dan dia tidak hanya bangun tetapi juga bisa terbang, itu berarti anti-fragile,” jelasnya.

Menurut Gita, jika pemimpin mau lebih berkesinambungan dan anti-fragile, pemimpin harus bisa merangkul adanya perbedaan pendapat (divergensi). Itu adalah cara agar pemimpin ke depan lebih bisa memitigasi risiko yang bersifat sistemik.

”Untuk bisa jadi pemimpin yang anti-fragile itu harus melateralisasi wawasan. Semakin dia lateral maka semakin dia bisa mengantisipasi hal-hal yang tak tampak (blind-spot). Semakin dia bisa mengantisipasi blind-spot, semakin dia bisa memitigasi risiko yang sifatnya sistemik atau jangka panjang,” tambahnya.

Direktur Perencanaan & Pengembangan Bisnis Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso dalam sambutannya berharap kegiatan The Executive Webinar Series dapat menjadi wadah untuk terus mengasah kompetensi para perwira Pertamina dengan terus belajar dan memaksimalkan potensi yang dipunya.

“ Kita harus melakukan praktik-praktik bisnis berkelanjutan dan meningkatkan daya saing kita melalui digitalisasi. Kita di Pertamina Patra Niaga sadar, upaya-upaya ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus bersama-sama. Saya berharap di periode ke depan kita selalu bisa berkolaborasi, memecahkan masalah bersama, sehingga sustainability dari bisnis kita bisa terjaga,” ucap Harsono.

Kontak

Gedung Wisma Tugu II Lt. 2
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C7-9
Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan

021 – 5209009
021 – 5209005

pcc135@pertamina.com

Daftar Newsletter
Download Aplikasi Kami

Kebijakan dan Penafian Situs Web. Informasi yang terkandung dalam situs web ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh PT Pertamina Patra Niaga dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan hormat ke situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terkandung di situs web untuk tujuan apa pun. Oleh karena itu, kepercayaan apa pun yang Anda tempatkan pada informasi tersebut sepenuhnya merupakan risiko Anda sendiri. Dalam keadaan apa pun kami tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan termasuk tanpa batasan, kerugian atau kerusakan tidak langsung atau konsekuensial, atau kehilangan atau kerusakan apa pun yang timbul dari kehilangan data atau keuntungan yang timbul dari, atau sehubungan dengan, penggunaan situs web ini. . Melalui situs web ini Anda dapat menautkan ke situs web lain yang tidak berada di bawah kendali PT Pertamina Patra Niaga. Kami tidak memiliki kendali atas sifat, konten, dan ketersediaan situs-situs tersebut. Dimasukkannya tautan apa pun tidak selalu menyiratkan rekomendasi atau mendukung pandangan yang diungkapkan di dalamnya. Setiap upaya dilakukan untuk menjaga situs web dan berjalan lancar. Namun, PT Pertamina Patra Niaga tidak bertanggung jawab atas, dan tidak akan bertanggung jawab atas, situs web ini untuk sementara tidak tersedia karena masalah teknis di luar kendali kami.