Tentang Kami
Produk & Layanan
Kru & Lingkungan
Berita & Acara
Kontak
BERITA & INFORMASI
15 Jun 2024
“Success Story Sobag” Mitra Binaan Pertamina Patra Niaga Go Global Lewat Produk Handmade Asal NTT
SHARE

Jakarta – Membawa produk-produk lokal ke pasar global, Usaha Mikro Kecil (UMK) “Sobag” yang merupakan Mitra Binaan Pertamina Patra Niaga tersebut menjual produk-produk cantik dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Merek lokal yang berhasil “go global” ini memproduksi tas, sepatu, dan baju dari tenun yang dikombinasikan dengan kulit. Produk ini dibuat secara handmade atau menggunakan tangan.

Pendiri Sobag, Evi Silviati mengatakan “Sobag” berdiri sejak tahun 2011 dengan membawa produk-produk kain tenun yang berasal dari NTT. Ia merasa kain tenun dapat bermanfaat menjadi produk-produk yang cantik.

“Saya asalnya di Jakarta, namun saya bekerja sama dengan penenun-penenun di NTT dan di Jakarta kita buatkan produk (tas, sepatu, baju) yang sebagian besar balik lagi ke NTT. Kami menggunakan perpaduan antara kulit dan tenun, tenunnya juga tenun handmade yang setiap lembarnya itu tidak sama. Satu lembar kurang lebih membutuhkan waktu 1 hingga 3 bulan pengerjaan,” jelas Evi.

Tergabung sebagai Mitra Binaan Pertamina sejak tahun 2019, Evi mengatakan banyak sekali manfaat yang Ia dapat untuk pengembangan usahanya. Beragam fasilitas diberikan oleh Pertamina seperti pelatihan go-digital dan go-global, hingga pameran ke luar negeri.

“Di samping dapat pinjaman modal dari Pertamina, kami juga dapat pelatihan setiap minggu secara online, bagaimana mengembangkan pemasaran secara digital supaya kami mengikuti tren yang ada, serta pelatihan go-global untuk ekspor. Kami juga sering diajak Pertamina untuk mengikuti pameran, mulai dari pameran dalam negeri hingga expo di Dubai,” ucap Evi.

Selain menjual produknya ke seluruh Indonesia, melalui Mitra Binaan Pertamina, Evi bersyukur telah berhasil menjual produknya hingga ke mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, Jepang, dan lainnya.

“Untuk menjadi binaan Pertamina awalnya sangat ketat kurasinya, namun saya banyak bersyukur dan berterima kasih untuk Pertamina yang sudah support saya hingga sejauh ini dan setelaten ini. Saya berharap supaya UKM yang lainnya ikut maju juga,” pungkasnya.

Produk-produk tenun NTT ini turut hadir dalam pameran Pertamina SMEXPO (Small Medium Enterprise Expo) yang digelar Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat pada 11-13 Juni 2024. Pameran ini digelar khusus untuk UMK (Usaha Mikro Kecil) binaan Pertamina.

Mitra Binaan Pertamina Patra Niaga yang mengikuti Pertamina SMEXPO Jawa Bagian Barat 2024 dibagi menjadi beberapa kategori, mulai dari fashion, craft, kosmetik, serta food and beverage dengan cita rasa nusantara.

Kontak

Gedung Wisma Tugu II Lt. 2
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C7-9
Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan

021 – 5209009
021 – 5209005

pcc135@pertamina.com

Daftar Newsletter
Download Aplikasi Kami

Kebijakan dan Penafian Situs Web. Informasi yang terkandung dalam situs web ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh PT Pertamina Patra Niaga dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan hormat ke situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terkandung di situs web untuk tujuan apa pun. Oleh karena itu, kepercayaan apa pun yang Anda tempatkan pada informasi tersebut sepenuhnya merupakan risiko Anda sendiri. Dalam keadaan apa pun kami tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan termasuk tanpa batasan, kerugian atau kerusakan tidak langsung atau konsekuensial, atau kehilangan atau kerusakan apa pun yang timbul dari kehilangan data atau keuntungan yang timbul dari, atau sehubungan dengan, penggunaan situs web ini. . Melalui situs web ini Anda dapat menautkan ke situs web lain yang tidak berada di bawah kendali PT Pertamina Patra Niaga. Kami tidak memiliki kendali atas sifat, konten, dan ketersediaan situs-situs tersebut. Dimasukkannya tautan apa pun tidak selalu menyiratkan rekomendasi atau mendukung pandangan yang diungkapkan di dalamnya. Setiap upaya dilakukan untuk menjaga situs web dan berjalan lancar. Namun, PT Pertamina Patra Niaga tidak bertanggung jawab atas, dan tidak akan bertanggung jawab atas, situs web ini untuk sementara tidak tersedia karena masalah teknis di luar kendali kami.