Tentang Kami
Bisnis Kami
Kru & Lingkungan
Berita & Acara
Kontak
SEJARAH
SEJARAH PERTAMINA PATRA NIAGA

PT Patra Niaga diluncurkan pada tahun 2004, sebagai entitas yang fokus pada bisnis hilir minyak dan gas, setelah sebelumnya terdaftar sebagai PT Elnusa Harapan di tahun 1997. Pada tahun 2011, PT Pertamina (Persero) mulai menyelaraskan semua logo anak perusahaannya melalui Direktorat Pemasaran dan Perdagangan Pertamina. Direktorat mulai mengganti nama masing-masing logo anak perusahaan termasuk logo PT Patra Niaga dan mengubah nama perusahaan menjadi PT Pertamina Patra Niaga. Logo baru ini mencerminkan dedikasi semua tenaga kerja Patra Niaga untuk terus tumbuh dan berkembang menuju keunggulan. Sementara itu, nama perusahaan baru, Pertamina Patra Niaga, adalah kombinasi antara Pertamina dan Patra Niaga yang mewakili dua prioritas yang selalu dituntut oleh mitra bisnis Patra Niaga, yang menuntut Patra Niaga untuk memiliki layanan yang lebih fleksibel dan lebih baik, di atas harga yang lebih kompetitif ditawarkan untuk mencerminkan ekuitas merek Patra Niaga. Kami percaya bahwa logo baru dapat membantu memperkuat kepercayaan konsumen dan mitra bisnis.

Pada tanggal 13 Juni 2020, PT Pertamina Patra Niaga telah ditunjuk sebagai Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) secara virtual, dan resmi legal end-state di tanggal 1 September 2021. Disamping mengelola bisnis dan operasional eksisting Pertamina Patra Niaga berupa perdagangan dan penanganan bahan bakar, serta manajemen armada dan depot, kini Sub Holding Commercial & Trading bertugas menjalankan rantai kegiatan bisnis hilir Pertamina.

Pertamina telah memiliki infrastruktur yang memadai untuk mendukung pendistribusian dan pemasaran produk energi yang dihasilkannya, termasuk produk Bahan Bakar Minyak (BBM), pelumas, dan LPG serta aspal dan produk petrokimia, baik untuk memenuhi kebutuhan konsumen ritel maupun korporat di seluruh negeri maupun di luar negeri. Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading, kini membawahi entitas anak dan cucu perusahaan Pertamina lainnya, yaitu PT Pertamina Lubricants, PT Pertamina Retail, Pertamina International Marketing & Distribution Pte Ltd, PT Patra Trading, PT Patra Badak Arun Solusi, PT Patra Logistik, PT Pertamina Petrochemical Trading, Pertamina Internationa Timor SA, dan PT Patra SK.





LIHAT PERJALANAN KAMI

Selama 20 tahun terakhir, Pertamina Patra Niaga telah berkembang dari pemain minyak dan gas lokal menjadi operator global di berbagai aspek rantai nilai sektor energi. Sekarang melayani ribuan pelanggan di 60 pasar.

1997
2004
2012
2013
2017
2020
2021
TAHUN 1997
Didirikan dan terdaftar sebagai PT. Elnusa Harapan pada 27 Februari 1997.

Pemegang Saham:
1. Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina)
2. Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina (YKPP)

Modal dasar: Rp2.000.000.000 (dua miliar Rupiah)
Modal ditempatkan dan disetor:
Rp500.000.000 (lima ratus juta rupiah)

TAHUN 2004

14 Mei 2004 mengubah nama perusahaan menjadi: PT Patra Niaga

Usaha Periode Pertumbuhan: Setelah Aktivasi Peraturan Migas No. 22:

- Menstabilkan hilir sektor Migas, dengan fokus pada penyimpanan bahan bakar untuk industri
- Memperkuat level Manajemen.

 

TAHUN 2012
Transformasi Bisnis:

Berubah menjadi PT Pertamina Patra Niaga

- Manajemen Terminal Minyak
- Manajemen armada
- Ekspansi Perdagangan Bahan Bakar
Modal Dasar : Rp. 410,005 Miliar
Modal Ditempatkan : Rp. 382,825 Juta
PEMEGANG SAHAM
Pertamina : 99.82 %
PTK : 0.18 %

 

 
 
TAHUN 2013
Transformasi Bisnis:
- Perluas bisnis Polypropylene (PP) dan
Polyethylene (PE) kami dengan PTT Thailand
- Penyimpanan Terapung
- Perluasan layanan bunkering
- Depot LPG
- KSO Depot Pertamina
- Non Key Account Transfer
- Vendor Held Stock (VHS)
- Transportasi APMS
Modal Dasar : Rp. 2 Miliar
Dana Ditempatkan : Rp. 500 Juta
PEMEGANG SAHAM
Pertamina : 99 %
YPKP : 1 %
 
 
 
2017 - 2019

Transformasi Bisnis:
-Launching BBMart.
-Soft Launching beroperasinya gerai BBMart di Balongan, Indramayu.
-Peresmian Terminal Mini LPG di Lombok.
-Implementasi SmartMT pada Mobil Tangki BBM Pertamina Patra Niaga.
-Penandatanganan Nota Kesepahaman Layanan Smart Moda Transportasi Berbasis IoT, antara PT Pertamina Patra Niaga dan PT Telekomunikasi Selular.

Tahun 2020

Transformasi Bisnis:

-Pada tanggal 13 Juni 2020, PT Pertamina Patra Niaga telah ditunjuk sebagai Subholding Commercial & Trading secara virtual disamping mengelola bisnis dan operasional eksisting Perusahaan.

  • Modal dasar: 2.000.000.000.000 (dua triliun rupiah)
    Modal ditempatkan dan disetor: 682.399.715.000
  • Pemegang Saham
    1. Pertamina (Persero): 99,91%
    2. PT Pertamina Trans Kontinental: 0,09%
Tahun 2021

Transformasi Bisnis:

-Juni hingga Agustus 2021: Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pemisahan (spin-off) dan pengalihan saham anak perusahaan.

-1 September 2021: Legal End-State PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero).

Kontak

Gedung Wisma Tugu II Lt. 2
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C7-9
Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan

021 – 5209009
021 – 5209005

info.ppn@pertamina.com

Daftar Newsletter
Download Aplikasi Kami

Kebijakan dan Penafian Situs Web. Informasi yang terkandung dalam situs web ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh PT Pertamina Patra Niaga dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan hormat ke situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terkandung di situs web untuk tujuan apa pun. Oleh karena itu, kepercayaan apa pun yang Anda tempatkan pada informasi tersebut sepenuhnya merupakan risiko Anda sendiri. Dalam keadaan apa pun kami tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan termasuk tanpa batasan, kerugian atau kerusakan tidak langsung atau konsekuensial, atau kehilangan atau kerusakan apa pun yang timbul dari kehilangan data atau keuntungan yang timbul dari, atau sehubungan dengan, penggunaan situs web ini. . Melalui situs web ini Anda dapat menautkan ke situs web lain yang tidak berada di bawah kendali PT Pertamina Patra Niaga. Kami tidak memiliki kendali atas sifat, konten, dan ketersediaan situs-situs tersebut. Dimasukkannya tautan apa pun tidak selalu menyiratkan rekomendasi atau mendukung pandangan yang diungkapkan di dalamnya. Setiap upaya dilakukan untuk menjaga situs web dan berjalan lancar. Namun, PT Pertamina Patra Niaga tidak bertanggung jawab atas, dan tidak akan bertanggung jawab atas, situs web ini untuk sementara tidak tersedia karena masalah teknis di luar kendali kami.