Tentang Kami
Produk & Layanan
Kru & Lingkungan
Berita & Acara
Kontak
BERITA & INFORMASI
02 Feb 2024
Dewan Komisaris Pertamina Patra Niaga Apresiasi Keberlanjutan Program CSR Unggulan di Batam
SHARE

Batam - Dewan Komisaris PT Pertamina Patra Niaga, Muhammad Yusni dan Anwar melakukan kunjungan ke lokasi program CSR (Corporate Social Responsibility) di wilayah PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) di Kota Batam, Jumat (26/1). Terdapat dua program yang dikunjungi yakni Program Kampung Inovasi Plastik dan Program Kelong Tangguh.

Pada kesempatan ini, Muhammad Yusni memberikan apresiasi atas keberlanjutan program CSR yang sudah dijalankan sejak beberapa tahun lalu. Ia juga mengapresiasi mitra dan penerima manfaat Program Kelong Tangguh.

“Terimakasih atas semangat dan keikhlasannya bapak dan ibu yang telah bersinergi dalam menjalankan program CSR. Selain menyalurkan energi hingga ke pelosok negeri, kehadiran Pertamina sebagai BUMN tentunya harus memberikan dampak positif kepada masyarakat melalui program CSR," kata Muhammad Yusni.

Kegiatan kunjungan ke lokasi Program CSR ini bertujuan untuk monitoring dan evaluasi pelaksanaan Program CSR Pertamina Patra Niaga di Kota Batam. Program Kampung Inovasi Plastik berada di Lingkungan Perumahan Permata Bandara, Batu Besar, Nongsa, Batam dan Program Kelong Tangguh di Kampung Tua Terih, Jalan Ketapang, Sambau, Nongsa, Batam. Kedua program ini merupakan program unggulan dari AFT Aviation Fuel Terminal (AFT) Hang Nadim.

Ketua Kelompok Kampung Inovasi Plastik Unit Bank Sampah RT One Berseri, Perameliya menjelaskan, Program Kampung Inovasi Plastik merupakan pemberdayaan perempuan atau ibu rumah tangga melalui kegiatan bank sampah. Terdapat sebanyak 50 kepala keluarga (KK) sebagai nasabah dengan menerapkan digitalisasi dalam proses operasionalnya yaitu dengan Aplikasi Kimara.

"Dengan hadirnya program (Kampung Inovasi Plastik) memberikan tambahan ekonomi bagi ibu rumah tangga dan menjadikan kampung kami lebih indah dan bersih," kata Perameliya.

Selain itu, program CSR unggulan AFT Hang Nadim adalah Program Kelong Tangguh yang memiliki beberapa kegiatan misalnya budidaya perikanan, pemberdayaan masyarakat pesisir dengan memanfaatkan potensi alam dan ekonomi setempat, serta pengembangan ekowisata di bidang perikanan. Melalui program tersebut, AFT Hang Nadim juga melakukan pemberdayaan kelompok Terihindo Jaya Lestari (kelompok nelayan) sejak tahun 2021. Para kelompok nelayan melakukan kegiatan pembudidayaan ikan bawal dan kerapu yang merupakan komoditas perikanan di Kota Batam.

Hal menarik lainnya, Dewan Komisaris PT Pertamina Patra Niaga juga menyerahkan bantuan bibit ikan bawal sebanyak 1.000 ekor dan bubu (alat tangkap kepiting) kepada kelompok Terihindo Jaya Lestari. Menurut Ketua Terihindo Jaya Lestari, Seno, dengan hadirnya Pertamina membuka pendapatan para nelayan terutama di Program Kelong Tangguh ini.

"Kehadiran program tersebut mendorong bertumbuhnya aktivitas Desa wisata di Terih. Program Kelong Tangguh ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai masyarakat adat Kampung Tua," kata Seno.

Perlu diketahui dari program-program unggulan ini, AFT Hang Nadim telah berhasil memperoleh Proper Hijau di Tahun 2023, TJSL & CSR Award 2023,
Nusantara CSR Awards 2023 dan Indonesia Green Awards (IGA) ke-15 tahun 2024.

Bagi masyarakat dan pelanggan setia Pertamina yang membutuhkan informasi terkait produk dari Pertamina dapat mengakses web mypertamina.id dan dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135.

Kontak

Gedung Wisma Tugu II Lt. 2
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C7-9
Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan

021 – 5209009
021 – 5209005

pcc135@pertamina.com

Daftar Newsletter
Download Aplikasi Kami

Kebijakan dan Penafian Situs Web. Informasi yang terkandung dalam situs web ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh PT Pertamina Patra Niaga dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan hormat ke situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terkandung di situs web untuk tujuan apa pun. Oleh karena itu, kepercayaan apa pun yang Anda tempatkan pada informasi tersebut sepenuhnya merupakan risiko Anda sendiri. Dalam keadaan apa pun kami tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan termasuk tanpa batasan, kerugian atau kerusakan tidak langsung atau konsekuensial, atau kehilangan atau kerusakan apa pun yang timbul dari kehilangan data atau keuntungan yang timbul dari, atau sehubungan dengan, penggunaan situs web ini. . Melalui situs web ini Anda dapat menautkan ke situs web lain yang tidak berada di bawah kendali PT Pertamina Patra Niaga. Kami tidak memiliki kendali atas sifat, konten, dan ketersediaan situs-situs tersebut. Dimasukkannya tautan apa pun tidak selalu menyiratkan rekomendasi atau mendukung pandangan yang diungkapkan di dalamnya. Setiap upaya dilakukan untuk menjaga situs web dan berjalan lancar. Namun, PT Pertamina Patra Niaga tidak bertanggung jawab atas, dan tidak akan bertanggung jawab atas, situs web ini untuk sementara tidak tersedia karena masalah teknis di luar kendali kami.