Tentang Kami
Produk & Layanan
Kru & Lingkungan
Berita & Acara
Kontak
HEALTH SAFETY SECURITY ENVIRONMENT

Kesehatan, keselamatan, dan lingkungan telah menjadi perhatian utama dari semua kegiatan PT Pertamina Patra Niaga. Atas dasar itu, kami berjanji untuk terus-menerus memulai mata pencaharian yang tumbuh dan lingkungan yang sehat untuk menumbuhkan bisnis kami. Di PT Pertamina Patra Niaga, kami berkomitmen untuk memposisikan keselamatan karyawan sebagai prioritas utama, melalui penghapusan kecelakaan dan cedera di tempat kerja kami menuju nol kecelakaan.

PT Pertamina Patra Niaga terus berupaya untuk meminimalkan dampak negatif lingkungan yang ditimbulkan oleh operasi yang sedang berlangsung dan yang direncanakan Perusahaan. Kami berkomitmen untuk menerapkan praktik terbaik industri. Di PT Pertamina Patra Niaga, kesehatan, keselamatan dan lingkungan adalah pertimbangan utama untuk memastikan tempat kerja yang aman bagi karyawan. Kami secara konsisten berusaha untuk mempertahankan standar tertinggi untuk praktik terbaik di semua kegiatan perusahaan. Ini secara teratur melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa operasi yang sedang berjalan sejalan dengan ruang lingkup semua komitmen yang terdaftar melalui kontrak dan sertifikasi.

PT Pertamina Patra Niaga Telah Tersertifikasi ISO 37001:2016

Pada tanggal 15 September 2020 PT Pertamina Patra Niaga mendapatkan arahan dari Direktur Utama PT Pertamina (Persero) untuk mengimplementasi ISO 37001:2016, dan berdasarkan arahan Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, perusahaan harus sudah tersertifikasi ISO 37001:2016 sebelum tanggal 10 Desember 2020. Di hari yang Quality Management telah melakukan GAP Analysis untuk mengimplementasikan ISO tersebut dan di tanggal 28 September 2020 PT Pertamina Patra Niaga melakukan Benchmark dengan PT Pertamina EP Cepu dan Tanggal 06 Oktober 2020 dengan PT Pertamina Hulu Mahakam.

Dengan keterbatasan waktu yang diberikan TIm Implementasi ISO 37001 harus bergerak cepat, dengan melengkapi dokumen-dokumen yang belum terpenuhi dan segera mengimplementasikan di seluruh Divisi / Departemen, dan dengan suppor dari management Kebijakan Sistem Manajemen Anti Penyuapan telah ditandatangani pada tanggal 28 September 2020.

Proses berikutnya adalah melakukan Training Awareness ISO 37001:2016 pada 5 Oktober 2020 dan Training Dokumentasi ISO 37001:2016 pada 7 Oktober 2020 dan 9 Oktober 2020 dengan narasumber dari PT TÜV NORD Indonesia. Masih di bulan yang sama, juga dilaksanakan Training Internal Auditor ISO 37001:2016 pada 15-16 Oktober 2020.

pada tanggal 21 Oktober 2020 PT TUV Nord melakukan audit stage I kepada PT Pertamina Patra Niaga dan dari hasil tersebut terdapat 19 catatan, salah satunya yaitu belum terlaksananya Audit Internal dan TInjauan Management. Dari hasil catatan tersebut kemudian tim Quality Management Melaksanakan Audit Internal pada tanggal 04 - 06 November 2020, dimana dari hasil audit tersebut terdapat 19 Temuan Minor dan 14 Temuan Potential Improvement. dan pada tanggal 20 November 2020 PT Pertamina Patra Niaga melaksanakan Tinjauan Management sebelum pelaksanaan audit stage II

Pada tanggal 30 November – 02 Desember 2021 dilaksanakan Audit Stage II oleh PT TUV Nord Indonesia untuk ISO 37001:2016, dan berkat support Management dan seluruh fungsi di Kantor Pusat. hasil dari pelaksanaan audit tersebut terdapat 8 potential improvement dan 1 Good Practice, sehingga PT Pertamina Patra Niaga layak mendapatkan sertifikasi ISO 37001:2016 pada tanggal 08 Desember 2020

PT Pertamina Patra Niaga Mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015, ISO 14001:2015 dan ISO 45001:2018

Lingkup Area Kantor Pusat, Terminal BBM Kabil Batam dan Terminal LPG Lombok

PT Pertamina Patra Niaga telah mengimplementasikan ISO 9001 (Mutu), ISO 14001 (Lingkungan) dan OHSAS 18001 (Keselamatan, Kesehatan, Kerja) sejak 2013 dengan ruang lingkup Kantor Pusat & Kabil Batam. Pada tahun 2020 PT Pertamina Patra Niaga diwajibkan melakukan re-sertifikasi ketiga ISO tersebut. Namun dikarenakan pandemi COVID-19, pelaksanaannya diundur menjadi April 2021. Selain itu PT Pertamina Patra Niaga juga melakukan upgrade sertifikasi OHSAS 18001 to ISO 45001 dan terdapat perluasan ruang lingkup sertifikasi sampai dengan Terminal LPG Lombok.

Persiapan audit tersebut dimulai dari pelaksanaan Gap Analysis, Penunjukan Tim Implementasi ISO, Penandatanganan Kebijakan QHSE terbaru, pelaksanaan Awareness ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001 & ISO 37001 dan Internal Audit pada tanggal 30 – 01 April 2021. Dari hasil internal audit tersebut terdapat temuan 1 Minor (NC – B) dan 21 potential Improvement.

Pada tanggal 12 – 16 April dilaksanakan resertifikasi ISO oleh PT TUV Nord Indonesia, dan berkat support Management dan seluruh fungsi di Kantor Pusat, Batam dan Lombok, hasil dari pelaksanaan audit tersebut terdapat 12 potential improvement, sehingga PT Pertamina Patra Niaga layak mendapatkan sertifikasi ISO 9001, ISO 14001 dan ISO 45001. Ini juga pertama kalinya sejak tahun 2013 PT Pertamina Patra Niaga tidak mendapatkan temuan Minor.

Ceremony Implementasi R&D Smart Moda Transportasi (SmartMT) Peningkatan Keselamatan Angkutan Darat dengan Sistem SmartMT

Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memuji inovasi Smart Moda Transportasi (SmartMT) yang berkelanjutan dari Pertamina Patra Niaga. Inovasi ini menyempurnakan sistem keamanan dan keselamatan transportasi angkutan distribusi bahan bakar minyak (Safety and Security Fleet Management). Ada sepuluh unit mobil tangki SmartMT yang menjadi proyek percontohan di Fuel Terminal Ujung Berung.

"Awalnya kami melakukan investigasi terhadap truk Pertamina yang terbakar. Diawali oleh ban terbakar lalu kami teliti, ternyata akibat tromol mengunci dan mengerem terus, ban mengalami pirolisis hingga terjadi insiden api, dan terbakarlah tangki beserta muatan BBM yang dibawa. Itu kejadian tahun 2017. Lalu mereka mengembangkan ini (SmartMT). Jadi ini inisiatif dan kepedulian Perwira Pertamina Patra Niaga," puji Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam acara rapat dengan KNKT pada Kamis, 10 Juni 2021, di Terminal BBM Pertamina Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat.

SmartMT memang diciptakan tidak lepas dari kasus-kasus kecelakaan lalu lintas mobil tangki yang antara lain disebabkan oleh kelelahan saat mengemudi, kegagalan sistem pengereman, masalah tekanan angin pada ban, dan lain-lain. Hal ini dapat berdampak pada tingkat kepuasan pelanggan, reputasi Perusahaan, serta kerugian finansial. Untuk itu diperlukan komitmen untuk menjaga jarak aman berkendara, perawatan mobil tangki, kehandalan performansi mobil tangki (menghindari overheat pada tromol), peningkatan keamanan produk BBM, serta optimalisasi konsumsi BBM.

Sertifikat KNKT

PT Pertamina Patra Niaga memperoleh piagam penghargaan Pelopor Keselamatan Transportasi yang diselenggarakan oleh Komisi Keselamatan Transportasi (KNKT) di Bali pada tanggal 21 Desember 2020 karena telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dalam menindaklanjuti rekomendasi dari KNKT dengan melakukan Inovasi SmartMT (Smart Moda Transportasi) yang saat ini sedang dikembangkan di TBBM Ujung Berung.
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh ketua KNKT bapak Soerjanto Tjahjono kepada Direktur RID bapak Nur M. Zain. Hal ini akan meningkatkan semangat para Perwira Pertamina Patra Niaga untuk terus berinovasi khususnya terkait dengan keselamatan transportasi mobil tangki.

 

 

PELATIHAN PEMADAMAN KEBAKARAN

Pelatihan pemadam api ringan di kantor cabang Otista. 22 Juni 2012

PELATIHAN HSSE

Pelatihan HSSE untuk pompa bensin umum / agen tanpa timbal dan minyak solar. Sorong 14-15 Juni 2012

Kontak

Gedung Wisma Tugu II Lt. 2
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C7-9
Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan

021 – 5209009
021 – 5209005

info.ppn@pertamina.com

Daftar Newsletter
Download Aplikasi Kami

Kebijakan dan Penafian Situs Web. Informasi yang terkandung dalam situs web ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh PT Pertamina Patra Niaga dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan hormat ke situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terkandung di situs web untuk tujuan apa pun. Oleh karena itu, kepercayaan apa pun yang Anda tempatkan pada informasi tersebut sepenuhnya merupakan risiko Anda sendiri. Dalam keadaan apa pun kami tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan termasuk tanpa batasan, kerugian atau kerusakan tidak langsung atau konsekuensial, atau kehilangan atau kerusakan apa pun yang timbul dari kehilangan data atau keuntungan yang timbul dari, atau sehubungan dengan, penggunaan situs web ini. . Melalui situs web ini Anda dapat menautkan ke situs web lain yang tidak berada di bawah kendali PT Pertamina Patra Niaga. Kami tidak memiliki kendali atas sifat, konten, dan ketersediaan situs-situs tersebut. Dimasukkannya tautan apa pun tidak selalu menyiratkan rekomendasi atau mendukung pandangan yang diungkapkan di dalamnya. Setiap upaya dilakukan untuk menjaga situs web dan berjalan lancar. Namun, PT Pertamina Patra Niaga tidak bertanggung jawab atas, dan tidak akan bertanggung jawab atas, situs web ini untuk sementara tidak tersedia karena masalah teknis di luar kendali kami.