Tentang Kami
Produk & Layanan
Kru & Lingkungan
Berita & Acara
Kontak
BERITA & INFORMASI
18 Sep 2023
Dorong Pengembangan Ekosistem Bisnis Non-Fuel Retail Pertamina Patra Niaga Gelar Pertamina Tenants Day
SHARE

Jakarta – Pertamina Patra Niaga, SubHolding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) secara masif melakukan inovasi dalam memastikan keberlanjutan bisnis, salah satunya dengan mengembangkan bisnis yang ada di SPBU Pertamina. Inovasi tersebut dilakukan Pertamina Patra Niaga dengan terus berkonsolidasi dengan mitra kerja Non-Fuel Retail atau NFR.

Dalam mengupayakan terjalinnya kerja sama antara pengusaha SPBU dan mitra strategis NFR, Pertamina Patra Niaga menggelar Pertamina Tenants Day di Jakarta (12/9). Melalui Pertamina Tenants Day, Pertamina Patra Niaga mempertemukan pengusaha SPBU Pertamina dan calon pengusaha SPBU dengan mitra-mitra strategis NFR.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengatakan konsolidasi dengan mitra strategis penting dilakukan agar ekosistem SPBU Pertamina dapat terus tumbuh dan berkembang. Hal tersebut memerlukan engine of growth untuk mendapatkan revenue stream yang baru.

“Pertamina Tenants Day diharapkan mampu mengoptimalkan konsolidasi bisnis NFR di SPBU Pertamina. Kami terus mendorong produk-produk own brand NFR kami, seperti Bright Store, Bright Cafe, Enduro Express, dan juga akan ada Pertamina Fastron Autocare dan Pertamina Enduro Autocare yang nantinya dikolaborasikan untuk pengembangan bisnis NFR di SPBU Pertamina, sehingga ke depan SPBU mempunyai revenue steam baru untuk menjamin keberlangsungan bisnis ini ke depannya,” kata Mars Ega.

Mars Ega menambahkan, saat ini sudah ada 96 mitra nasional dan internasional, serta 1.446 mitra lokal dan UMKM yang bekerja sama mengembangkan bisnis NFR di SPBU Pertamina. Secara total, saat ini ada 19.208 outlet NFR yang sudah beroperasi di seluruh jaringan SPBU Pertamina, dan angka ini masih bisa dikembangkan lagi.

“Misalnya NFR yang bergerak di bidang makanan dan minuman, NFR yang bergerak di bidang logistik, atau NFR yang bergerak di bidang ATM. Sehingga mereka bisa langsung melakukan pembahasan kolaborasi bisnisnya dengan pengusaha SPBU. Selain itu, kami juga mengundang anak-anak perusahaan Pertamina untuk pengembangan ekosistem di SPBU yang harapannya bisa dilakukan deal business di acara hari ini,” tambah Mars Ega.

Selain Jakarta, Pertamina Tenants Day juga akan digelar di Kota-Kota lain, yakni Surabaya, Semarang, dan Medan. Mars Ega mengungkapkan harapannya agar pengembangan konsep NFR bisa menjadi sinergi yang baik untuk mitra kerja NFR.

“Ke depan, mudah-mudahan ekosistem di SPBU terus berkembang. Tidak hanya mengandalkan fuel saja, tetapi Non-Fuel juga terus berkembang menjadi salah satu engine of growth dan revenue stream yang baru untuk Pertamina Patra Niaga dan Pertamina secara umum. Oleh karena itu, mari kita bertiga, Pertamina, pengusaha SPBU, dan mitra strategis NFR untuk bersama-sama mengembangkan bisnis yang ada di SPBU,” ucap Mars Ega.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP Hiswana Migas, Rachmad Muhamadiyah turut menyambut baik rencana pengembangan bisnis NFR di SPBU. Menurutnya, dengan perkembangan perekonomian saat ini, menjadi win-win-solution bagi Pertamina, pengusaha SPBU, maupun mitra mitra strategis NFR.

“Kalau kita lihat di negara maju seperti Amerika atau Eropa, pendapatan NFR bisa lebih tinggi 40% dibandingkan dengan pendapatan fuel, karena yang dijual pada bisnis NFR ini adalah kebutuhan-kebutuhan Masyarakat, seperti minimarket dan kafe, atau jasa-jasa lain seperti perawatan mobil dan motor. Ini merupakan suatu potensi yang besar, terlebih SPBU di bawah Hiswana Migas ada lebih dari 6000 dengan berbagai ukuran maupun lokasi yang berbeda,” jelas Rachmad.

Pertamina Patra Niaga saat ini membuka seluas-luasnya peluang dalam mengembangkan bisnis NFR di SPBU. Yang sudah beroperasi saat ini antara lain adalah minimarket, kafe, nitrogen, ganti oli, dan media periklanan. Peluang kolaborasi saat ini juga ada di ekosistem kendaraan listrik, seperti Charging Station (SPKLU) atau Battery Swapping Station (SPBKLU), serta kerjasama di bidang digital dan aplikasi, yakni melalui program loyalty MyPertamina.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat atau calon mitra dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

Kontak

Gedung Wisma Tugu II Lt. 2
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C7-9
Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan

021 – 5209009
021 – 5209005

pcc135@pertamina.com

Daftar Newsletter
Download Aplikasi Kami

Kebijakan dan Penafian Situs Web. Informasi yang terkandung dalam situs web ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh PT Pertamina Patra Niaga dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan hormat ke situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terkandung di situs web untuk tujuan apa pun. Oleh karena itu, kepercayaan apa pun yang Anda tempatkan pada informasi tersebut sepenuhnya merupakan risiko Anda sendiri. Dalam keadaan apa pun kami tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan termasuk tanpa batasan, kerugian atau kerusakan tidak langsung atau konsekuensial, atau kehilangan atau kerusakan apa pun yang timbul dari kehilangan data atau keuntungan yang timbul dari, atau sehubungan dengan, penggunaan situs web ini. . Melalui situs web ini Anda dapat menautkan ke situs web lain yang tidak berada di bawah kendali PT Pertamina Patra Niaga. Kami tidak memiliki kendali atas sifat, konten, dan ketersediaan situs-situs tersebut. Dimasukkannya tautan apa pun tidak selalu menyiratkan rekomendasi atau mendukung pandangan yang diungkapkan di dalamnya. Setiap upaya dilakukan untuk menjaga situs web dan berjalan lancar. Namun, PT Pertamina Patra Niaga tidak bertanggung jawab atas, dan tidak akan bertanggung jawab atas, situs web ini untuk sementara tidak tersedia karena masalah teknis di luar kendali kami.