Tentang Kami
Produk & Layanan
Kru & Lingkungan
Berita & Acara
Kontak
BERITA & INFORMASI
28 Nov 2023
Komunitas Bergerak Pertamina - PERTAMOG & PBC, Lepas Puluhan Tukik Ke Habitatnya di Pantai Minang Rua Bahari
SHARE

Lampung Selatan - Dalam rangka dukung kelestarian alam dan satwa Komunitas Bergerak Pertamina yang tergabung dalam Pertamina Motor Gede (Pertamog) yang diketuai oleh bro Hery Prawidian dan Patra Bikers Community (PBC) yang diketuai oleh bro Nurul Afriyadi yang akrab dipanggil "Uyung", merilis penyu langka jenis tukik (penyu raksasa) di destinasi wisata pantai Minang Rua Bahari Desa Kelawi Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Sabtu, (18/11/2023).

Pada kegiatan ini salah satu perwakilan dari Komunitas Bergerak, Ketua Pertamina Motor Gede (Pertamog) bro Hery mengatakan, bahwasanya selama ini kami mendengar ada penangkaran budidaya penyu jenis tukik yang ada di destinasi pariwisata Minang Rua Bahari ini, oleh karena itu kami terpanggil untuk ikut serta menjadi bagian dalam upaya menjaga juga mendukung kemajuan pariwisata Indonesia.

”Semoga dengan pelepasan satwa penyu langka jenis tukik ke habitatnya dapat melestarikan kelangkaan satwa langka ini agar dapat berkembang biak supaya tidak punah,” ungkap Ketua Pertamina Motor Gede (Pertamog) bro Hery.

Dalam kegiatan ini, juga turut hadir Kepala Desa Kelawi, bapak Bahtiar Ibrahim yang dilibatkan sekaligus bersama-sama untuk melepaskan Tukik. Sementara di lain pihak mewakili Ketua Pokdarwis Destinasi wisata pantai Minang Rua Bahari (bapak Saiman), Sekretaris Pokdarwis bapak Rian Haikal menjelaskan, "dengan adanya giat seperti yang dilakukan oleh komunitas Pertamina sangat baik sekali yang mana bertujuan melestarikan alam juga mendukung kemajuan Pariwisata Indonesia khususnya di Destinasi wisata pantai Minang Rua yang ada di Desa Kelawi Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan".

”Menurut Rian Haikal, juga sangat berharap kepada pemerintah Kabupaten Lampung selatan dan dinas terkait perlu mengedukasi masyarakat untuk pengelolaan khusus serta dalam pemberdayaan penangkaran satwa Penyu jenis ini, sehingga diharapkan proses pembudidayaannya dapat berkembang biak dengan maksimal"

Selain melepas penyu langka tersebut, PERTAMOG & PBC juga melakukan kegiatan edukasi kepada masyarakat setempat tentang UMKM di sekitar Pantai Minang Rua dan juga mengedukasi mengenai cara menanam bibit alpukat.

Menurut om Dicky Abdullah, selaku Ketua kegiatan Komunitas Bergerak Pertamina PERTAMOG-PBC, Kegiatan ini resmi dari Pertamina (persero) yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Pertamina (persero) ke-66 pada tanggal 10 Desember 2023 nanti."

Atas kegiatan dari dua komunitas Pertamina ini, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memberikan ppenghargaan berupa Plakat dan Sertifikat kepada Komunitas Bergerak Pertamina ("PERTAMOG dan PBC") sebagai bentuk ucapan terima kasih telah ikut melestarikan budidaya penyu langka jenis Tukik ini.

Singkat kata, tergerak oleh kolaborasi dua komunitas yang berada di bawah naungan Pertamina yaitu Pertamina Motor Gede (Pertamog) dan Patra Bikers Community (PBC), kolaborasi tahun ini merupakan kolaborasi yang kedua kalinya dalam kegiatan "Komunitas Bergerak Pertamina". Dan dengan harapan kegiatan ini bisa berkelanjutan setiap tahunnya.

Kontak

Gedung Wisma Tugu II Lt. 2
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C7-9
Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan

021 – 5209009
021 – 5209005

pcc135@pertamina.com

Daftar Newsletter
Download Aplikasi Kami

Kebijakan dan Penafian Situs Web. Informasi yang terkandung dalam situs web ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh PT Pertamina Patra Niaga dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan hormat ke situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terkandung di situs web untuk tujuan apa pun. Oleh karena itu, kepercayaan apa pun yang Anda tempatkan pada informasi tersebut sepenuhnya merupakan risiko Anda sendiri. Dalam keadaan apa pun kami tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan termasuk tanpa batasan, kerugian atau kerusakan tidak langsung atau konsekuensial, atau kehilangan atau kerusakan apa pun yang timbul dari kehilangan data atau keuntungan yang timbul dari, atau sehubungan dengan, penggunaan situs web ini. . Melalui situs web ini Anda dapat menautkan ke situs web lain yang tidak berada di bawah kendali PT Pertamina Patra Niaga. Kami tidak memiliki kendali atas sifat, konten, dan ketersediaan situs-situs tersebut. Dimasukkannya tautan apa pun tidak selalu menyiratkan rekomendasi atau mendukung pandangan yang diungkapkan di dalamnya. Setiap upaya dilakukan untuk menjaga situs web dan berjalan lancar. Namun, PT Pertamina Patra Niaga tidak bertanggung jawab atas, dan tidak akan bertanggung jawab atas, situs web ini untuk sementara tidak tersedia karena masalah teknis di luar kendali kami.