Tentang Kami
Produk & Layanan
Kru & Lingkungan
Berita & Acara
Kontak
BERITA & INFORMASI
25 Mar 2024
Pertamina Patra Niaga Layani Avtur di Bandara YIA Melalui Jaringan Pipa Bawah Tanah
SHARE

Yogyakarta - Untuk mendukung operasional maskapai di Yogyakarta International Airport (YIA) jelang momen arus mudik dan arus balik Lebaran 2024, Pertamina Patra Niaga meresmikan infrastruktur baru yaitu Aviation Fuel Terminal (AFT) YIA yang dilengkapi dengan fully automatic hydrant fuel system.

Dengan sistem ini, avtur dari tangki timbun di AFT YIA disalurkan melalui sistem perpipaan bawah tanah secara otomatis. Proses pengisian pesawat udara juga akan menggunakan armada truk jenis hydrant dispenser, seperti yang sudah diimplementasikan di sejumlah bandara besar lainnya seperti Soekarno-Hatta Jakarta, Ngurah Rai Bali, Hang Nadim Batam, Kualanamu Medan, dan Juanda Surabaya.

Sebelumnya, sejak beroperasi di tahun 2019, AFT YIA menggunakan fasilitas modular. Dimana pengisian avtur ke pesawat udara dilakukan melalui refueller atau mobil tangki avtur.

“Dengan penggunaan fasilitas baru hydrant fuel system, AFT YIA dapat memaksimalkan pelayanan pengisian avtur ke pesawat udara dengan volume besar dalam satu kali pengisian. AFT YIA juga mampu melayani pengisian ke empat pesawat udara wide-body aircraft (pesawat terbang berbadan lebar) secara bersamaan. Fasilitas ini juga telah melalui serangkaian proses inspeksi dan commissioning yang ketat untuk menjamin kualitas dan keamanannya sesuai dengan standar internasional," jelas Riva saat melakukan tinjauan ke AFT YIA pada Jum'at (22/3), bersama jajaran direksi Pertamina Patra Niaga.

Penguatan infrastruktur di AFT YIA sejalan dengan kebijakan yang tertuang dalam Perpres Nomor 98 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara Udara Baru di Kabupaten Kulonprogo, DIY. Sehingga Pertamina Patra Niaga membangun AFT baru dengan fasilitas hydrant system untuk memastikan layanan terbaik kepada pelanggan.

"AFT YIA ini memiliki empat tanki timbun dengan kapasitas masing-masing 1000 Kiloliter. Untuk realisasi saat ini penyaluran atau throughput 155 Kiloliter per hari," jelas Riva.

Adapun titik suplai avtur untuk AFT YIA disalurkan dari Fuel Terminal Rewulu, Bantul. Untuk saat ini, Bandara YIA memiliki mobil tangki pengisian avtur (refueller) sebanyak tujuh unit dan system pengisian avtur melalui hydrant ke pesawat (hydrant dispenser) sebanyak empat unit. Keseluruhan unit ini juga akan dimaksimalkan untuk mendukung operasional maskapai penerbangan jelang momen Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2024 yang akan dimulai pekan depan.

"AFT YIA juga turut mendukung upaya dekarbonisasi. Diantaranya kami sudah mulai menggunakan panel surya sebagai sumber energi untuk penerangan di area fasilitas, menerapkan efisiensi energi dengan VSD (Variable Speed Drive) dan hydrant fuel system yang seluruhnya otomatis, serta armada hydrant dispenser paling muktahir" tutupnya.

Untuk informasi seputar produk dan layanan aviasi Pertamina, dapat diakses pada halaman https://onesolution.pertamina.com/, Instagram @ptpertaminapatraniaga, maupun menghubungi Call Center Pertamina 135.

Kontak

Gedung Wisma Tugu II Lt. 2
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C7-9
Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan

021 – 5209009
021 – 5209005

pcc135@pertamina.com

Daftar Newsletter
Download Aplikasi Kami

Kebijakan dan Penafian Situs Web. Informasi yang terkandung dalam situs web ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh PT Pertamina Patra Niaga dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan hormat ke situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terkandung di situs web untuk tujuan apa pun. Oleh karena itu, kepercayaan apa pun yang Anda tempatkan pada informasi tersebut sepenuhnya merupakan risiko Anda sendiri. Dalam keadaan apa pun kami tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan termasuk tanpa batasan, kerugian atau kerusakan tidak langsung atau konsekuensial, atau kehilangan atau kerusakan apa pun yang timbul dari kehilangan data atau keuntungan yang timbul dari, atau sehubungan dengan, penggunaan situs web ini. . Melalui situs web ini Anda dapat menautkan ke situs web lain yang tidak berada di bawah kendali PT Pertamina Patra Niaga. Kami tidak memiliki kendali atas sifat, konten, dan ketersediaan situs-situs tersebut. Dimasukkannya tautan apa pun tidak selalu menyiratkan rekomendasi atau mendukung pandangan yang diungkapkan di dalamnya. Setiap upaya dilakukan untuk menjaga situs web dan berjalan lancar. Namun, PT Pertamina Patra Niaga tidak bertanggung jawab atas, dan tidak akan bertanggung jawab atas, situs web ini untuk sementara tidak tersedia karena masalah teknis di luar kendali kami.